Tuesday 13 November 2012

AKUNTANSI DAN LAPORAN KEUANGAN

Posted by Unknown at 04:40
Akuntansi dan Laporan Keuangan

1.      Definisi akuntansi
Akuntansi adalah suatu seni mencatat, mengelompokkan atau menggolongkan dan mengikhtisarkan segala transaksi atau kegiatan yang bersifat finansial dan menafsirkan hasilnya menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang.

2.    Fungsi akuntansi
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

3.    Pihak-pihak yang berkepentingan
a.       Pemimpin perusahaan
b.       Pemilik perusahaan
c.       Kreditur dan calon kreditur
d.       Pemerintah
e.       Karyawan

4.    Prinsip akuntansi
Prinsip-prinsip akuntansi merupakan konsep dasar atau anggapan dasar yang digunakan sebagai pedoman dalam penentu dan pengukuran nilai dalam pelaksanaan kegiatan akuntansi. Prinsip-prinsip akuntansi yang lazim dan berlaku secara umum antara lain sebagai berikut :
ü Kesatuan akuntansi
Anggapan dasar bahwa akuntansi adalah suatu kesatuan ekonomi (entitas) yang berdiri sendiri, terpisah baik dari pribadi pemilik perusahaan maupun dari kesatuan ekonomi yang lain.
ü  Kesinambungan
Konsep ini menganggap bahwa perusahaan didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas.
ü  Periode akuntansi
Selama jangka waktu perusahaan menjalankan usahanya dibagi menjadi periode-periode akuntansi, setiap periode pada umumnya dimulai dari tanggal 1 Januari dan berakhir tanggal 31 Desember (1 tahun).
ü  Pengukuran dalam nilai uang
Uang sebagai alat pertukaran yang universal dalam perekonomian. Oleh karena itu akuntansi menggunakan nilai uang sebagai alat pengukur nilai aktiva dan kewajiban serta perubahannya.
ü  Harga pertukaran
Dengan prinsip ini akuntansi menganggap bahwa harga yang ditentukan secara obyektif oleh pihak-pihak yang terkait dengan transaksi dan didukung oleh bukti-bukti yang telah diperiksa keabsahannya adalah harga pertukaran pada saat terjadi transaksi.
ü Penetapan beban dan penghasilan
Penentuan laba dilakukan secara periodik dengan menggunakan dasar waktu atau dasar akrual (accrual basic). Artinya dalam penetapan penghasilan maupun beban tidak hanya berdasarkan jumlah penerimaan dan jumlah pengeluaran uang (kas), tetapi juga berdasarkan lewatnya waktu yang terkait dengan penerimaan dan pengeluaran uang.

  1. Pengertian laporan keuangan
Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari siklus akuntansi. Hal-hal yang termuat dalam laporan keuangan adalah harta, utang, modal dan seluruh hasil operasi serta beban yang dikeluarkan pada kegiatan untuk periode tertentu dalam rangka memperoleh laba.

  1. Isi laporan keuangan
Laporan keuangan menyajikan informasi keuangan sebagai berikut :
a.       Neraca adalah suatu laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai keadaan harta, utang dan modal suatu perusahaan pada suatu waktu tertentu atau pada waktu neraca disusun.
b.       Laporan laba-rugi dalah suatu laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai seluruh hasi operasi (pendapatan) dan bebena yang dikeluarkan (beban usaha) dalam kegiatan selama satu periode tertentu dalam rangka memperoleh laba.
c.       Laporan perubahan modal adalah suatu laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal perusahaan dalam satu periode. Laporan perubahan modal berisi : modal awal, laba/rugi, penagmbilan prive dan modal akhir. Dalam perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas laporan perubahaan modal diganti menjadi laporan laba ditahan yang berisi : laba yang ditahan awal, laba/rugi, dividen dan laba yang ditahan akhir.

  1. Bentuk neraca
Bentuk neraca ada dua macam, yaitu :
a.       Bentuk T atau scontro
b.       Bentuk staffel atau laporan



  1. Laporan laba rugi
Bentuk laporan laba rugi ada dua macam, yaitu :
a.       Bentuk single step atau bentuk satu atap

b.       Bentuk multiple step atau bentuk bertahap
 
  1. Tujuan laporan keuangan
Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan olehIkatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalah Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Namun demikian, laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam mengambil keputusanekonomi karena secara umum menggambarkan pengaruh keuangan dan kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi nonkeuangan.
Laporan keuangan juga menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen (bahasa Inggris: stewardship), atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin melihat apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi. Keputusan ini mencakup, misalnya, keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalam perusahaan atau keputusan untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen.

Referensi :
Buku catatan
                         

0 comments:

Post a Comment

 

ayu sartika's area Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea