Wednesday 7 November 2012

KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL

Posted by Unknown at 08:07

KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
1.    KEWIRASWASTAAN, WIRASWASTA, WIRASWASTAAN
·      KEWIRASWASTAAN
Kewiraswastaan (entrepreneurship) adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Melalui uapaya yang dijalankannya, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan kompensasin dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan.

·       WIRASWASTA
Wiraswasta adalah bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu (wiraswastawan/entrepreneur) sebagai alternatif penyedia lapangan kerja, minimal bagi si pemilik modal

·      WIRASWASTAAN
Pengertian wiraswastaan menunjukkan kepada pribadi tertentu yang secara kualitatif lebih dari kebanyakan manusia pada umumnya, yaitu pribadi yang memiliki kemampuan untuk:
ü  Berdiri diatas kekuatan sendiri
ü  Mengambil keputusan untuk diri sendiri
ü  Menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya sendiri
ü  Menggerakan perekonomian masyarakat untuk maju kedepan
ü  Memperhatikan lingkungan sosial untuk mencapai tarif hidup yang lebih baik bagi semua orang

·       UNSUR-UNSUR WIRASWASTA
ü  Unsur pengetahuan
ü  Unsur keterampilan
ü  Unsur sikap mental
ü  Unsur kewaspadaan

2.    PERUSAHAAN KECIL DALAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN
  • CARA MEMASUKI PERUSAHAAN
Cara memasuki perusahaan kecil ada tiga cara yaitu :
ü  Dengan meneruskan usaha orang tua contoh orang tua kita mempunyai usaha warung makan.Begitu orang tua sudah tua maka yg meneruskannya adalah kita.
ü  Membeli perusahaan yang telah ada
ü  Dengan cara memulai usaha yang sama sekali baru.
3.    PERKEMBANGAN FRANCHISING DI INDONESIA
Waralaba atau Franchising (dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layananan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

  • KIAT-KIAT MEMILIH USAHA DENGAN CARA WARALABA
ü  Produk yang dijual harus disukai oleh semua orang
ü  Merk dagang produk harus sudah dikenal, paling sedikit di 5-0 negara
ü  Harus standar dalam segala aspek (produk, manajemen, tata ruang dan lain-lain)

  • JENIS-JENIS USAHA YANG POTENSIAL DIWIRALABAKAN
ü  Produk dan Jasa Otomotif
ü  Bantuan dan Jasa Bisnis
ü  Produk dana Jasa Konstruksi, Perawatan, dan Perbaikan Rumah Sakit, Jasa AC
ü  Jasa Pendidikan
ü  Rekreasi dan Hiburan
ü  Fastfood dan Takeaway
ü  Stan Makanan
ü  Perawatan Kesehatan, Medis dan Kecantikan
ü  Jasa membersihkan karpet, pemasangan gorden, kebersihyan rumah, dll
ü  Eceran/Retailling

4.      CIRI-CIRI PERUSAHAAN KECIL
ü  Manajemen berdiri sendiri. Biasanya para manajer perusahaan adalah pemiliknya juga, dengan predikat yang disandang mereka memiliki kebebasan untuk bertindak dan mengambil keputusan.
ü  Investasi modal terbatas. Pada umumnya modal perusahaan kecil disediakan oleh seorang pemilik atau sekelompok kecil pemilik, karena jumlah modal yang diperlukan relative kecil.
ü  Daerah operasinya local. Dalam hal ini majikan dan karyawan tinggal dalam suatu lingkungan yang berdekatan dengan letak perusahaan.
ü  Ukuran secara keseluruhan relative kecil ( penyelenggara di bidang operasinya tidak dominant)
  • KEUNTUNGAN PERUSAHAAN KECIL
Kebebasan dalam bertindak mengacu pada fleksibilitas gerak perusahaan dan kecepatannya dalam mengantisipasi perubahan tuntutan pasar. Hal ini lebih memungkinkan dalam perusahaan kecil karena ruang lingkup layanan perusahaan relative kecil, sehingga penyesuaian terhadap adopsi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dapat dilaksanakan dengan cepat.
Penyesuaian dengan kebutuhan setempat dapat berjalan lebih baikterutama karena dekatnya perusahaan dengan masyarakat setempat, keeratan hubungan dengan pelanggan, serta fleksibilitas penyesuaian volume usaha dalam kaitannya dengan tuntutan perubahan selera pelanggan.

  • KELEMAHAN PERUSAHAAN KECIL
Perusahaan dengan ukuran apa saja (Besar, sedang, maupun kecil) selalu mengadung resiko. Perusahaan kecil lebih mudah terpengaruh oleh perubahan situasi, kondisi ekonomi, persaingan, dan lokasi yang buruk. Kelemahan perusahaan kecil yang terutama berkaitan dengan spesialisasi, modal dan jaminan pekerjaan terhadap karyawannya.

  • CARA-CARA MENGEMBANGKAN PERUSAHAAN USAHA KECIL
Untuk mengembangkan perusahaan diperlukan pertimbangan yang matang terhadap tiga hal: profil pribadi ( dalam kaitannya dengan kelayakan kredit, referensi-referensi, perincian pengalaman perusahaan), profil perusahaan ( dalam kaitannya dengan sejarah, analisis tentang para pesaing dan pasar, startegi persaingan dan rencana opersai, rencana arus uang kontan dan analisis pulang rokok ) serta paket pinjaman ( dalam kaitannya dengan jumlah yang diminta, jenis pinjaman yang diminta, alasan pembenaran, jadwalan pembayaran kembali- dan ketentuan-ketentuan pembayaran ). Pertimbangan yang matang untuk mengembangkan perusahaan, memerlukan kejelian yang terkait erat dengan kemampuan manajemen, pemenuhan kebutuhan modal, pemilihan bentuk kepemilikan perusahaan dan strategi untuk memenangkan persaingan pasar.

  • KEGAGALAN-KEGAGALAN PERUSAHAAN KECIL
Banyak factor yang menyebabakan terjadinya kegagalan dalam perusahaan kecil. Sebagian penyebab kegagalan telah disebutkan seperti kurangnya pengalaman manajemen, kurangnya modal, kurangnya kemampuan dalam promosi penjualan, ketidakmampuan untuk menagih piutang yang macet, penggunaan teknologi yang sudah ketinggalan zaman, kurangnya perencanaan perusahaan, permasalahan kecakapan pribadi, kesalahan pemilihan bidang usaha, dana lain-lain.

Bila tanda-tanda kegagalan tersebut mulai terlihat, perlu dipikrkan tindakan perbaikannya :
1.        Mengurangi biaya operasi
2.        Berusaha untuk meningkatkan penjualan melalui perbaiakn metode pemasaran maupun iklan
3.        Peninjauan kembali kerugian-kerugian kredit untuk menghindari resiko-resiko buruk
4.        Memeriksa ulang posisi persediaan untuk menentukan kecukupan persediaan.
5.        Dan lain-lain

5.    PERBEDAAN ANTARA KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS KECIL
Kewirausahaan adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat di gali dengan rangkaian kerja yang diberikan dalam praktek perbedaan dengan bisnis kecil dalam penanganannya karena dalam berbagai tempat diakui keberadaan pengusaha kecil terkait dengan kewirausahaan.
Referensi
Identitas
Ayu Sartika
1EB08
21212295
Softskill

0 comments:

Post a Comment

 

ayu sartika's area Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea